Step by Step Menanam Sayuran Hidriponik (caisim & Kankung)

February 20, 2009 at 12:09 pm (Koleksi Tulisan)

1. Caisim

Bahan dan Alat:
1. Bibit caisim
2. Spons sesuai ukuran nampan
3. Nampan plastik 2 buah (pendek dan tinggi)
4. Cutter
5. Pinset
6. Sumpitus

7. Air
8. Styrofoam

Cara Membuat:
1. Siapkan media tanam dari spons. Potong spons selebar nampan. Lalu, potong lagi spons ukuran 1 x 1 cm, jangan sampai terputus.
2. Kotak spons ukuran 1 x 1 cm tadi dipotong kembali menjadi dua bagian, jangan sampai terputus. Posisikan spons di antara spons awal. Lakkan lagi, untuk arah yang berlawanan.
3. Celupkan spons tadi ke dalam air sampai gelembung udaranya keluar semua, sambil ditekan-tekan agar rata dengan papan. Jika spons masih berwarna putih, artinya masih ada rongga udara. Jika berwarna agak gelap, artinya air sudah terserap merata. Masukkan spons basah ke dalam nampan plastik pendek.
4. Untuk memulai menanam, basahi dulu sumpit dengan air atau rendam di dalam air.
5. Ambil bibit biji 3-4 buah dengan sumpit, tanam di dalam spons. Jangan simpan bibit terlampau dalam. Bibit harus terlihat dari luar. Simpan selama 3 hari.
6. Setelah 3 hari akan muncul daun yang masih muda. Lalu, jemur di bawah sinar matahari. Tunggu sampai seminggu agar siap ditanam.
7. Ambil styrofoam, lubangi sebanyak 9 buah, ukuran 10 x 10 cm, diameter 1 cm, sesuai ukuran batang tanaman.
8. Isi nampan plastik tinggi dengan air, jangan sampai penuh. pH air yang dipakai harus netral, gunakan air sumur (jangan air PAM). Lalu, letakkan styrofoam di dalam nampan.
9. Dengan pinset, ambil sayur yang sudah berusia seminggu tadi. Tanam ke lubang styrofoam dengan posisi sama datar. Jangan lupa dikontrol, terutama jika air habis atau ada hama. Setelah 25-30 hari sayuran bisa dipanen.

2. Kangkung

Bahan dan Alat:
Sama dengan caisim, hanya bibitnya saja yang berbeda.

Cara Membuat:
1. Media yang dipakai adalah sekam, tak perlu dicuci, cukup dalam kondisi basah. Jika memakai pasir, harus dicuci dulu seperti mencuci beras.
2. Buat garis-garis pada sekam, dengan jarak 2 cm, ukuran 1 cm.
3. Ambil biji kangkung, tebarkan ke atas sekam. Jangan sampai biji bertumpuk, harus berbaris. Tutup kembali dengan sekam hingga biji tak terlihat.
4. Setelah 3 hari, jemur di bawah sinar matahari. Seminggu kemudian ambil sayur kangkung yang mulai tumbuh. Ambil 5 batang kangkung, usahakan akarnya tidak putus. Bersihkan akarnya dengan cara direndam di dalam air.
5. Selanjutnya, sama seperti menanam caisim. Tanam kangkung ke dalam lubang styrofoam. Kangkung bisa dipanen setelah 25-30 hari.

sumber :  Tabloid Nova

1 Comment

  1. SinBe said,

    Ud berhasiL ta???Mau dunk…Delivery dehhhhhhh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: