Di Jaman ini Aku Hidup

November 16, 2008 at 3:35 pm (Tulisane Masramadhan) (, )

Era globalisasi telah datang, era dimana garis batas negara semakin tidak jelas keberadaannya, era dimana dunia ini telah menjadi satu komunitas dimana kita bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan seluruh masyarakat dunia, kapan saja dan dimana saja. Salah satu faktor pendorong terjadinya globalisasi adalah pesatnya pertumbuhan teknologi informasi beberapa dekade terkahir ini.

Perang dunia kedua adalah simbol terakahir dimana besarnya sebuah pengaruh dan atau kekuasaan ditentukan oleh besarnya kekuatan militer serta luasnya wilayah yang dimiliki oleh suatu negara atau kelompok, namun kini semua telah berubah dimana kekuatan modal (capital) serta penguasaan teknologi telah menjadi senjata utama dalam menguasasi dunia, atau setidaknya menjadi senjata utama dalam bertahan di tengah kerasnya persaingan global. Kita dapat melihat betapa kaya negeri kita tercinta, nusantara indonesia, namun yang kita temui adalah angka pengangguran dan kemiskian yang begitu tinggi, sempitnya lapangan pekerjaan sehingga munculnya fenomona perlombaan tenaga kerja terdidik kita untuk menjadi seorang pegawai pemerintah, belum lagi penguasaan tambang-tambang serta sumur-sumur minyak dan gas yang oleh perusahaan asing sehingga negeri kita menikamti tidak lebih dari 20% dari keuntungan kekayaan alam negeri kita ini.

Di dalam bidang pengusaan teknologi kini kita juga masih jauh tertinggal dengan negara tertangga, peringkat sumberdaya kita tidak jauh berada dari negera vietnam sebuah negara yang belum lama menyelesaikan perang saudara. di era jaman kepemimpinan soeharto kita pernah megirimkan puluhan ribu pelajar keluar negeri untuk belajar tentang teknologi, namun kini dimana mereka ?, dimanakan lulusan sarjana perminyakan dan pertambangan yang kita luluskan setiap tahun ?, apa sesungguhnya yang dikerjakan oleh ratusan bahkan mungkin ribuan pusat penelitian yang dimiliki bangsa kita sehingga kita tidak bisa mengelola sumberdaya alam kita ?

sebagai negara berkembang memang sangat sukar untuk mengejar ketertinggalan dengan negara maju apalagi ditengah terjangan badai krisis ekonomi global saat ini, yeng terpenting saat ini adalah bagaimana kita terus berjalan, terus berusaha tanpa henti, berusaha untuk tetap semangat, dan terus berpikir positif dalam menatap masa depan(masrama)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: